Berbagi untuk Menginspirasi: MCT Summit 2024!

Ditulis oleh Kreator Maribelajar pada Saturday, June 29, 2024

Berbagi untuk Menginspirasi: MCT Summit 2024!

Denpasar, 29 Juni 2024 – Konferensi MCT Summit 2024 di Indonesia baru saja usai, konferensi ini menyatukan para Microsoft Certified Trainers (MCT) dengan beragam fokus dari ASEAN, tepatnya dari Indonesia dan Malaysia dalam sebuah konferensi yang diselenggarakan secara daring dan komprehensif. Konferensi tahun ini mengusung tema “Inovasi dan Kolaborasi dalam Pendidikan dan Pengembangan Profesional di Era Digital”. Konferensi ini diselenggarakan pada Jumat, 29 Juni 2024 mulai pkl. 13.00 – 17.30 WIB diselenggarakan secara daring menggunakan Microsoft Teams dan diikuti oleh 115 peserta dengan latar belakang sebagai MCT, MCP (Microsoft Certified Professionals), MCE (Microsoft Certified Educator), dan para pendidik baik dingkat K-12 atau pun perguruan tinggi.

Kegiatan ini diselenggarakan dalam kurun waktu 4,5 jam yang dimulai pada pkl. 13.00 WIB. Berikut merupakan agenda yang disusun oleh penyelenggara, di antaranya:

 No

Waktu

Agenda

Pembicara

1

13.00 - 13.10

Pembukaan

 

2

13.11- 14.10

Memanfaatkan Kekuatan Keahlian Kolektif - Praktik Terbaik untuk Kolaborasi MCT

Lim Keng Seong

3

14.11- 14.25

Q&A Pembicara 1

 

4

14.26 - 14.35

Coffee Break

-

5

14.36 - 15.35

Teknik Pengajaran Modern di Era Microsoft Learn

Aris Lesmana

6

15.36 - 15.50

Q&A Pembicara 2

 

7

15.51 - 16.00

Istirahat

-

8

16.01. - 17.00

Pengembangan Profesional dan Model Bisnis Pelatihan di Era AI

Ridi Ferdiana

9

17.01 - 17.15

Q&A Pembicara 3

 

10

17.16 - 17.30

Penutupan

 

 

Konferensi ini dibuka oleh Mr. Lim Keng Seong selaku MCT dari Malaysia. Pada sesi ini beliau menyampaikan topik “Memanfaatkan Kekuatan Keahlian Kolektif - Praktik Terbaik untuk Kolaborasi MCT" mencakup perjalanan karir MCT, strategi ekspansi global, penggunaan Grup LinkedIn untuk memperkuat komunitas MCT, kekuatan berbagi melalui jaringan LinkedIn, bekerja sama dengan Microsoft MVP, dan pesan inspiratif dari Microsoft Indonesia dan Malaysia. Keluaran pada sesi ini adalah peserta memperoleh keterampilan, wawasan, dan strategi yang dibutuhkan untuk dapat berhasil dalam melakukan kolaborasi dengan MCT, termasuk memberikan pengaruh global dan membangun komunitas yang kuat melalaui platorm LinkedIn.

 

 

Selanjutnya pada sesi kedua, konferensi ini diisi oleh Aris Lesmana selaku MCT dari Indonesia yang menyampaikan materi dengan judul “Teknik Pengajaran Modern di Era Microsoft Learn." Sesi ini mengulas pengenalan VILT (Virtual Instructor-Led Training), pentingnya VILT, dan panduan membuat VILT yang efektif. Keluaran dari sesi ini adalah peserta memiliki keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk merancang, menyampaikan, dan mengelola sesi VILT yang efektif dalam konteks pendidikan dan pengembangan profesional.

 Sesi Aris Lesmana

 

Konferensi ditutup oleh Ridi Ferdiana selaku MCT Regional Lead Indonesia. Di mana pada sesi ini, beliau memaparkan terkait “Pengembangan Profesional dan Model Bisnis Pelatihan di Era AI”. Para peserta diberikan wawasan terkait peta jalan bagaimana menjadi seorang MCT yang dapat berdampak bagi lingkungannya, termasuk kompetensi apa saja yang harus dimiliki di era kecerdasan buatan (AI) dan model bisnis pengembangan profesional yang diminati di era kecerdasan buatan, serta tips pengembangan profesional bagi para MCT dan MCT, sehingga dapat terus bersaing dan beradaptasi dengan adanya perubahan yang masif di industri pelatihan saat ini.

Sesi Ridi Ferdiana

 

Pasca kegiatan ini bagi para peserta yang telah mengikuti rangkaian MCT Summit 2024 dan tertarik menjadi Microsoft Certified Trainer (MCT) dan ingin terlibat aktif dalam rangkaian kegiatan pelatihan premium yang diselenggarakan oleh Maribelajar dapat menghubungi [email protected]Untuk informasi mengenai kegiatan komunitas lainnya yang diselenggarakan oleh Maribelajar, silakan kunjungi https://events.maribelajar.org/.

Tag MCT Summit 2024 MCT Summit 2024 Indonesia MariBelajar Story MariBelajar Webinar



Share


comments powered by Disqus
Produk Terkait Blog

MB-210T01: Microsoft Dynamics 365 Sales

Profesional

AZ-2003: Menyebarkan Aplikasi Cloud-native Menggunakan Azure Container Apps

Profesional

AZ-2002: Mengembangkan Aplikasi Web ASP.NET Core yang Menggunakan API

Profesional

AZ-2001: Menerapkan Keamanan melalui Pipeline Menggunakan Azure DevOps

Profesional

AZ-1001: Menyebarkan dan mengelola kontainer menggunakan Azure Kubernetes Service

Profesional

AZ-040T00: Mengotomatiskan Administrasi dengan PowerShell

Profesional

AI-3004: Membangun Solusi Azure AI Vision dengan Layanan Azure AI

Profesional