Data Analyst: Pengertian dan Kompetensi yang harus Dimiliki

Ditulis oleh Kreator Maribelajar pada Thursday, June 15, 2023

Data Analyst: Pengertian dan Kompetensi yang harus Dimiliki

Perkembangan dunia digital memaksa kita untuk melibatkan teknologi dalam kehidupan sehari-hari. Banyak data yang telah dihasilkan dari penggunaan teknologi tersebut. Misalnya saat kita menggunakan aplikasi Microsoft Copilot untuk membuat artikel covid secara cepat, melakukan panggilan grup meeting menggunakan Microsoft Teams, membalas  e-mail klien dan lain sebagainya. Bayangkan berapa banyak data dan jenis data yang telah kita gunakan sehari-hari. Penggunaan data tersebut sangat banyak dan sia-sia jika hanya dihapus dan tidak dilakukan tindakan lebih lanjut seperti diambil untuk dianalisis yang mana nanti akan berguna bagi perusahaan. Di perusahaan ada bidang yang mengolah data dan menganalisis tersebut, bidang tersebut adalah data analyst.

 

 

Gambar 1: Pengolahan data di berbagai device

 

Pengertian Data Analyst

Data analyst adalah profesi yang bertugas menganalisis data untuk mendapatkan wawasan. Data analyst berperan dalam menyiapkan, menganalisis dan membuat visualisasi data dengan tujuan membantu sebuah perusahaan dalam membuat keputusan. Di dunia bisnis data analis melakukan analisis deskriptif, diagnostik dan prediktif.

Pekerjaan data analyst saat ini sangat diminati dan sangat dibutuhkan perusahaan karena pendekatan yang dilakukan dekat dengan target pasar. Dibandingkan dengan melakukan riset manual seperti mengumpulkan kuesioner yang membutuhkan waktu lama proses data analisis ini lebih menghemat waktu.

 

Kompetensi Seorang Data Analyst

Menjadi data analyst membutuhkan beberapa kompetensi yang harus dipunya. Kompetensi yang harus dimiliki seperti bisa mengoperasikan Microsoft Excel, memahami bahasa pemrograman (Python dan SQL), riset, analisis dan visualisasi data dengan Power BI, statistika, big data dan menulis laporan.

Selain harus memiliki hard skill data analyst juga harus memiliki soft skill agar hasil pekerjaan mereka dinilai memuaskan. Soft skill tersebut seperti kemampuan berkomunikasi dengan baik seperti mempresentasikan hasil analisis, public speaking dan negosiasi antar tim. Selain itu, kemampuan yang harus dimiliki seorang data analyst adalah berpikir kritis saat memecahkan berbagai solusi dari permasalahan yang ada.

Data yang sudah diolah di Microsoft Excel atau SQL akan divisualisasikan agar data tersebut mudah dipahami. Power BI hadir untuk menjadi solusi visualisasi data. Power BI merupakan salah satu alat paling populer yang digunakan untuk memvisualisasikan data dikalangan data analyst. Selain memvisualisasikan data, Power BI juga bisa menganalisis, menggabungkan dan membagikan data. Kemudahan lain yang ada pada Power BI yaitu sudah terintegrasi dengan Excel, Azure dan produk-produk Microsoft lainnya.

Lihat bagaimana cara memvisualisasikan data di Power BI dengan menyimak video webinar berikut:

 

Tertarik menjadi data analyst? Yuk, belajar bersama Maribelajar

Maribelajar membuka kesempatan bagi teman-teman yang ingin tahu tentang data analyst lebih jauh. Bukan dari jurusan IT? Jangan khawatir menjadi seorang analyst tidak perlu dari jurusan IT. MariBelajar punya mini bootcamp buat kamu yang ingin belajar data analyst. Daftar di GO.MARIBELAJAR.ORG/BOOTCAMP atau bisa scan qr code yang ada di bawah ya.

 

 

Tag Data Analyst Power BI Maribelajar



Share


comments powered by Disqus
Produk Terkait Blog

Microsoft Office Specialist Excel Associate (Office 2019)

Mahasiswa

Microsoft Office Specialist - Word Associate (Office 2019)

Mahasiswa

Microsoft Office Specialist: Microsoft Access Expert (Office 2019)

Mahasiswa

Microsoft Office Specialist: Microsoft Word Expert (Office 2019)

Mahasiswa

Microsoft Office Specialist: Microsoft Excel Expert (Office 2019)

Mahasiswa

Microsoft security, compliance, and identity solutions

Mahasiswa

Microsoft Certified Fundamentals - Dynamics 365 Fundamentals (CRM)

Mahasiswa