Graduation Day Studi Independen Bersertifikat Angkatan 4

Ditulis oleh Kreator Maribelajar pada Tuesday, July 4, 2023

Graduation Day Studi Independen Bersertifikat Angkatan 4

Pada Jumat, 30 Juni 2023 perayaan kelulusan Program Studi Independen Bersertifikat Angkatan 4 di PT. Maribelajar Indonesia Cerdas digelar Bersama para mentee, mentor, dan Dosen Pendamping Program (DPP) dengan meriah dan bertabur hadiah. Di dalam rangkaian graduation ini diumumkan beberapa kategori penghargaan, mulai dari capstone project terbaik hingga mentee terbaik setelah menempuh masa studi selama satu semester dengan durasi 900 jam pembelajaran.

Pada penghargaan kategori capstone terbaik, Maribelajar dan bersama para mentor telah memilih 3 (tiga) kelompok terbaik pada rangkaian Final Capstone Project yang diselenggarakan pada 28 Juni 2023, mulai pada pukul 13.00 – 17.00 WIB yang diikuti oleh 15 kelompok terbaik dari 77 kelompok capstone project yang dibentuk dari keseluruhan 312 mentee yang diterima. Tiga kelompok terbaik tersebut meliputi Jupiter, Vulcan, dan Venus.

 

Kelompok Jupiter: Website Prediksi Penyakit Diabetes Khusus Wanita menggunakan Algoritma K-Nearest Neighbors

Kelompok Jupiter di dalam capstone project yang dibimbing oleh dua mentor, yakni Ibu Adhistya Erna Permanasari, S.T., M.T., Ph.D dan Hesti Media Tama, S.Kom. yang beranggotakan (1) Anastasia Giovanka Matahelemual dari Universitas Katolik Parahyangan, dan (2) Irmadel Aurelliana, (3) Ita Ariani, dan (4) Sandi Muhammad Roziq yang ketiganya merupakan mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia mengembangkan sebuah website dalam bidang kesehatan yang berjudul “Website Prediksi Penyakit Diabetes Khusus Wanita menggunakan Algoritma K-Nearest Neighbors”. Website yang dikembangkan oleh kelompok Jupiter dapat membantu pengguna memprediksi penyakit diabetes berdasarkan inputan yang di berikan.  Hasil prediksi akan diberikan dalam bentuk angka 1 dan 0, di mana angka 1 berarti bahwa pengguna tersebut diprediksi memiliki diabetes sedangkan angka 0 tidak. Website ini dibangun menggunakan Microsoft Visual Studio Code dengan menggunakan bahasa pemrograman Python untuk kemudian diunggah ke Github dan di-deploy menggunakan Azure Web App. Kelompok Jupiter mengumpulkan dataset untuk kemudian diolah menggunakan Microsoft Power BI untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi seseorang mengidap penyakit diabetes sebelum melakukan pelatihan dengan Machine Learning. Untuk memulai prediksi, pengguna harus mengisi formulir prediksi data rekam medisnya masing-masing sesuai dengan indikator yang dijadikan sebagai tolak ukur seseorang mengidap penyakit diabetes.

 

Gambar 1 Laman Prediksi

 

Kelompok Vulcan: MIRAR – Platform Solusi Prediksi Penyakit Katarak

Kelompok Vulcan yang beranggotakan (1) Teresa Janice, (2) Muhammad Nurhannan, dan (3) Wahyu Afriza yang berasal dari Universitas Gadjah Mada, dan (4) Chaesa Adhwa Balqis berasal dari Universitas Indonesia yang dibimbing oleh Pak Rinaldi dan Ibu Manise Hendrawaty juga mengembangkan platform sebagai solusi Kesehatan yang disebut dengan MIRAR sebagai sebuah platform sebagai solusi untuk mendeteksi penyakit katarak. MIRAR digunakan untuk mendeteksi penyakit katarak serta konsultasi terkait penyakit katarak dengan penggunaan Supervised Learning dalam melakukan klasifikasi mata berdasarkan warna mata yang terdeteksi saat mata di grayscale. Dengan pembuatan chatbot ini, diharapkan dapat mempermudah pendeteksi gejala katarak dini. MIRAR berasalah dari bahasa Spanyol dengan arti “lihat” yang memiliki harapan bagi pengguna untuk dapat melihat dan selalu sadar terhadap kesehatan mata diri sendiri dan orang sekitar. Perancangan platform MIRAR ini bertujuan untuk digunakan sebagai komunikasi antara pengguna dengan teknologi AI untuk memudahkan mendeteksi adanya gejala katarak. Platform ini dikembangkan dengan menggunakan Microsoft Power Virtual Agent untuk melakukan konsultasi mengenai mata dan pengembangan model machine learning dengan Python. Adapun fitur yang tersedia berupa konsultasi mata, saran terhadap gejala dan deteksi mata dengan model machine learning.

 

Gambar 2 Laman Chatbot MIRAR

 

Kelompok Venus: Website Solusi bagi UMKM (Almonds Gift)

Kelompok Venus yang beranggotakan (1) Risa Azzahra Zein yang berasal dari Universitas Muhammadiyah Jakarta, (2) Rizky Bagaskara, (3) Tiara Mulyasya Insanika, (4) Muhamad Fikri Syahputra Wardhana yang ketiganya berasal dari Universitas Gunadarma dibimbing oleh Pak Rinaldi dan Ibu Manise Hendrawaty mengembangkan sebuah website sebagai solusi bisnis pada salah satu UMKM yang menual hampers kacang almond di Indonesia, sehingga kelompok Venus dapat berdampak secara langsung kepada masyarakat. Website yang dikembangkan oleh kelompok Venus ini menggunakan teknologi Azure App Service untuk mempublikasikan websitenya, SQL Server untuk menyimpan database, dan Microsoft Power BI untuk analisis kebutuhan pasar. Website ini telah diuji coba secara nyata, sehingga produk yang diusulkan sudah digunakan langsung oleh UMKM. Fitur unggulan dari website ini adalah katalog yang menyediakan detail produk, kustom hampers sesuai keinginan dan dasbor analisis kebutuhan pasar.

 

Gambar 3 Laman Katalog Almonds Gift

 

Ketiga kelompok capstone project terbaik ini masing-masing mendapatkan dana beasiswa sebesar Rp10.000.000,00, sementara bagi mentee terbaik masing-masing mendapatkan reward sebesar Rp500.000,00. Masing-masing jalur pembelajaran di Program Studi Independen Bersertifikat Angkatan 4 Tahun 2023 dipilih satu mentee terbaik berdasarkan keaktifan di dalam kelas, presensi, dan nilai rerata hasil sertifikasi internasional yang dipilih. Berikut adalah nama-nama mentee terbaik yang dipilih, meliputi:

 

 Gambar 4 Daftar Mentee Terbaik Program Studi Independen Bersertifikat Angkatan 4

Maribelajar memberikan fasilitas sertifikasi internasional Microsoft hingga 936 voucher, dan sebanyak 71% mentee yang mengikuti sertifikasi internasional dinyatakan lulus sertifikasi internasional, dan bahkan ada mentee yang mencapai nilai sempurna pada salah satu sertifikasi yang diambil, yakni mendapatkan skor sempurna sebesar 1.000, dan mendapati 29% masih belum berhasil lulus sertifikasi internasional. Hal ini dapat dilihat pada infografis berikut:  

 

Gambar 5 Hasil Sertifikasi Internasional Microsoft

 

Reward yang diberikan diharapkan dapat memacu kinerja terbaik bagi para pihak terkait, sehingga keluaran program dapat dicapai secara optimal. Selain itu, selepas Program Studi Independen Bersertifikat Angkatan 4 2023, para peserta akan diarahkan untuk mengikuti kompetisi internasional dan nasional, seperti Microsoft Imagine Cup 2024, dan ACM Microsoft Student Research Competition, dan Program Kegiatan Mahasiswa (PKM) 2024 pada kategori PKM-PI, PKM-KC, dan PKM-K.

Tag Maribelajar Studi Independen Bersertifikat MSIB Angkatan 4



Share


comments powered by Disqus
Produk Terkait Blog

AZ-2001: Menerapkan Keamanan melalui Pipeline Menggunakan Azure DevOps

Profesional

AZ-1001: Menyebarkan dan mengelola kontainer menggunakan Azure Kubernetes Service

Profesional

AZ-040T00: Mengotomatiskan Administrasi dengan PowerShell

Profesional

AI-3004: Membangun Solusi Azure AI Vision dengan Layanan Azure AI

Profesional

AI-3003: Membangun Solusi Pemrosesan Bahasa Alami dengan Azure AI Services

Profesional

AI-3002: Membuat Solusi Kecerdasan Dokumen dengan Azure AI Document Intelligence

Profesional

AI-102T00: Merancang dan Menerapkan Solusi AI Microsoft Azure

Profesional