Microsoft 365 Update: Microsoft 365 Copilot

Ditulis oleh Kreator Maribelajar pada Thursday, June 8, 2023

Microsoft 365 Update: Microsoft 365 Copilot

Pengenalan Microsoft 365 Copilot

“Today marks the next major step in the evolution of how we interact with computing, which will fundamentally change the way we work and unlock a new wave of productivity growth”, begitulah ungkapan Satya Nadella selaku CEO Microsoft ketika memperkenalkan Microsoft 365 Copilot. Bayangkan ketika Sobat Maribelajar bekerja, sobat akan diberikan partners tanpa harus meminta, ia akan bekerja untuk sobat dan memberikan saran serta kemudahan yang dapat membuat sobat jauh lebih cepat dalam bekerja. Walaupun demikian, sobat akan selalu memegang kendali terhadap pekerjaan. Sobatlah yang memutuskan kapan harus menyimpan, memodifikasi atau menghapusnya.

Gambar 1 Contoh penggunaan Microsoft 365 Copilot di Microsoft Word (Sumber: Microsoft Blog)

Microsoft 365 Copilot adalah fitur asisten kecerdasan buatan untuk aplikasi dan layanan Microsoft 365. Microsoft 365 Copilot diumumkan oleh Microsoft pada 16 Maret 2023, alat ini dibangun di atas Large Language Models (LLM) dan menggabungkan Microsoft Graph untuk mengonversi input teks pengguna menjadi konten di aplikasi Microsoft 365, seperti Word, Excel, PowerPoint, Outlook, dan Teams.

Lihat bagaimana Microsoft 365 Copilot membantu pekerjaan sobat pada video berikut:

 

Bagaimana Microsoft 365 Copilot dapat Membantu Sobat Maribelajar?

  • Word

Menurut Microsoft, Copilot dapat digunakan untuk membuat dan mengedit teks dalam dokumen Word berdasarkan permintaan pengguna. Pengguna juga dapat meminta Copilot untuk mendorong saran penulisan ulang yang memperkuat argumen teks yang disorot.

  • Excel

Dalam pengenalannya, Microsoft mengklaim Copilot dapat membantu pengguna dengan analisis data di Excel dengan memformat data, membuat grafik, membuat PivotTable, mengidentifikasi tren, dan meringkas informasi. Selain itu, Copilot juga dapat memandu pengguna menggunakan perintah Excel dan dapat menyarankan rumus untuk menyelidiki pertanyaan pengguna.

  • PowerPoint

Menurut Microsoft, Copilot mampu membuat presentasi PowerPoint yang meringkas informasi dari dokumen Word yang dipilih pengguna dan spreadsheet Excel atau permintaan pengguna. Selain itu, alat ini dapat menyesuaikan gaya presentasi, pemformatan teks, waktu animasi berdasarkan permintaan pengguna dan mampu mempersingkat presentasi yang panjang.

  • Outlook

Di Outlook, Microsoft mengklaim bahwa Copilot dapat membuat draf email dengan panjang dan nada yang bervariasi berdasarkan input pengguna. Untuk membuat draf email ini, Copilot dapat mengambil informasi yang relevan dari email lain. Copilot juga dapat meringkas konten dari email threads, mencatat sudut pandang individu yang terlibat dalam email thread dan menunjukkan pertanyaan yang diajukan oleh orang lain yang belum dijawab.

  • Teams

Microsoft juga menyatakan bahwa Copilot dapat digunakan untuk mempresentasikan informasi pada rapat yang akan datang di Microsoft Teams, mentranskripsikan rapat, dan memberikan tanya jawab jika pengguna terlambat bergabung ke rapat. Setelah pertemuan, Copilot juga dapat meringkas poin-poin diskusi, membuat daftar tindakan penting yang dibahas dalam rapat, dan menjawab pertanyaan yang dibahas dalam rapat

  • Business Chat

Selain melaporkan penerapan Copilot ke dalam aplikasi Microsoft 365, Microsoft juga telah memperkenalkan business chat yang mana antarmuka obrolan pada layanan ini akan menarik informasi dari semua aplikasi Microsoft 365 termasuk dokumen, presentasi, email, kalender, dan catatan, untuk menjawab pertanyaan pengguna dan melakukan tugas lain. Misalnya, Copilot dapat meringkas konten, mengekstrak informasi, dan menyusun rencana aksi berdasarkan informasi yang dikumpulkan.

  • OneNote

OneNote akan hadir dengan menggunakan petunjuk untuk menyusun rencana, menghasilkan ide, membuat daftar, dan mengatur informasi untuk membantu pelanggan menemukan apa yang mereka butuhkan dengan mudah.

  • Viva Learning

Viva Learning akan menggunakan antarmuka obrolan bahasa alami (natural language) untuk membantu pengguna membuat perjalanan pembelajaran yang dipersonalisasi termasuk merancang jalur peningkatan keterampilan, menemukan sumber belajar yang relevan, dan menjadwalkan waktu untuk pelatihan yang ditugaskan.

Nah, bagaimana? Apakah Sobat Maribelajar sudah tidak sabar menunggu Microsoft 365 Copilot? Walaupun Microsoft 365 Copilot belum release untuk masyarakat umum, tapi ini menjadi salah satu kegembiraan yang patut kita nantikan.

Agar Sobat Maribelajar memiliki pengetahuan yang lebih tentang Microsoft 365, ikuti webinar dan premium training dari Maribelajar di events.maribelajar.org

 

Tag MariTips Maribelajar Microsoft Copilot Microsoft 365 Update



Share


comments powered by Disqus
Produk Terkait Blog

21st Century Learning Design – Knowledge Construction

Education

Anti-racism journey for educators with students

Education

21st Century Learning Design – Real world problem-solving and innovation

Education

Creating a Digitally Inclusive Learning Community

Education

OneNote to Support Educational Activitie (3)

Education

21st Century Learning Design – Collaboration

Education

Build Hybrid learning

Education