SharePoint di Era Kecerdasan Buatan

Ditulis oleh Kreator Maribelajar pada Friday, June 23, 2023

SharePoint di Era Kecerdasan Buatan

Apa itu SharePoint?

Bagi Maribelajar Readers (Mabers) yang sudah terbiasa dengan layanan Microsoft 365, SharePoint bukanlah sesuatu hal yang baru. SharePoint adalah platform konten paling fleksibel di dunia yang mendukung inovasi di layanan Microsoft 365, seperti hosting video di Microsoft Stream, kolaborasi real-time di Microsoft Loop, dan halaman Viva Topics di Microsoft Teams. Selain itu, SharePoint memiliki keluwesan untuk memperluas pengalaman dan membangun solusi yang didukung oleh SharePoint Framework, Microsoft Graph, dan Power Platform.

Bagaimana SharePoint Sekarang?

Dewasa ini, Microsoft membagikan inovasi SharePoint terbaru yang akan memudahkan semua orang untuk menyusun sites dan halaman SharePoint yang lebih menarik dan memikat. Microsoft mendefinisikan ulang apa yang dimaksud dengan membuat konten di intranet dengan memungkinkan perubahan langkah dalam pembuatan sites serta memberdayakan semua orang di organisasi untuk membuat jenis konten SharePoint baru yang jauh lebih mudah.

Kecerdasan Buatan di SharePoint

Di era kecerdasan buatan yang semakin membaur dengan kehidupan, SharePoint menghadirkan beberapa fitur yang dapat membantu Mabers dalam mengelola sites dengan cepat dan efisien. Berikut ini adalah beberapa fitur yang sudah ditanamkan kecerdasan buatan didalam SharePoint, meliputi:

1. Copilot di SharePoint

Menggabungkan kekuatan Large Language Models (LLM), data Anda di Microsoft Graph, dan praktik terbaik dari Microsoft untuk membuat konten web yang menarik, Copilot di SharePoint mengubah kata-kata menjadi sites dan halaman SharePoint. Jika Mabers bisa mendeskripsikan sites atau halaman, Copilot di SharePoint akan mulai membuatnya untuk Anda, lalu bekerja dengan Anda untuk mengedit dan menyempurnakannya. Dan semuanya sesuai dengan komitmen dari Microsoft terhadap keamanan data dan privasi di perusahaan. Kemampuan baru ini akan memungkinkan Mabers menghabiskan lebih sedikit waktu untuk menyiapkan sites SharePoint dan memberi keyakinan bahwa sites Mabers menggunakan hal terbaik yang ditawarkan SharePoint.

Mabers dapat membuat sites dengan Copilot dari halaman mulai baru di SharePoint. Hanya dengan perintah singkat, Copilot di SharePoint membuat sites awal untuk Anda, memasukkan informasi dari seluruh organisasi sesuai kebutuhan, dan secara otomatis menyelaraskan dengan merek organisasi Anda.

Lihat bagaimana Copilot dapat membantu Anda membuat sites yang dipersonalisasi:

https://www.microsoft.com/en-us/videoplayer/embed/RW13agS?autoplay=false

 

2. Pengalaman baru untuk membuat sites dan halaman di SharePoint

Microsoft memperkenalkan pengalaman baru untuk SharePoint yang penuh dengan inspirasi. Anda dapat menyesuaikan sites yang ingin Anda bangun dengan template yang sudah disiapkan oleh SharePoint seperti buletin, pengumuman acara, situs pelacakan proyek, laporan perjalanan, brosur dan beberapa template lainnya. SharePoint akan menampilkan template yang menyambungkan intranet secara langsung ke kebutuhan komunikasi organisasi dan tim Anda yang paling umum seperti pada Gambar 1.

 

 

Gambar 1 Template untuk membangun sites di SharePoint (Sumber: Tech Community Microsoft)

3. Menulis bersama halaman SharePoint dengan anggota tim Anda

Situs intranet yang bagus berisikan upaya tim Anda. Kemampuan co-authoring halaman baru SharePoint memudahkan editor untuk bersama-sama dalam kanvas halaman membuat konten mereka secara real time seperti pada Gambar 2. Kemampuan co-authoring ini didukung oleh Fluid Framework, teknologi yang sama yang memungkinkan kolaborasi waktu nyata di Microsoft Loop.

 

 

Gambar 2 Fitur coauthoring di SharePoint (Sumber: Tech Community Microsoft)

4. Brand Center

Brand center di SharePoint akan memberdayakan sites perusahaan Anda untuk menentukan font, warna, logo, dan elemen desain lainnya yang mencerminkan identitas organisasi, produk, perusahaan, dan lainnya seperti pada Gambar 3. Anda bisa menggunakan kembali elemen branding ini di seluruh sites, dan SharePoint akan menyediakan pembatas pengaman yang tepat sehingga Anda bisa yakin bahwa pemilik sites selaras dengan panduan branding Anda.

 

 

Gambar 3 Brand center di SharePoint (Sumber: Tech Community Microsoft)

 

Tertarik ingin mengetahui lebih banyak tentang SharePoint? ikuti webinar dan premium training dari Maribelajar di events.maribelajar.org   atau dapat melihat training katalog di Training katalog.

 

 

 

Tag SharePoint SharePoint Online MariTips Maribelajar Artificial Intelligence Kecerdasan Buatan



Share


comments powered by Disqus
Produk Terkait Blog

MB-210T01: Microsoft Dynamics 365 Sales

Profesional

AZ-2003: Menyebarkan Aplikasi Cloud-native Menggunakan Azure Container Apps

Profesional

AZ-2002: Mengembangkan Aplikasi Web ASP.NET Core yang Menggunakan API

Profesional

AZ-2001: Menerapkan Keamanan melalui Pipeline Menggunakan Azure DevOps

Profesional

AZ-1001: Menyebarkan dan mengelola kontainer menggunakan Azure Kubernetes Service

Profesional

AZ-040T00: Mengotomatiskan Administrasi dengan PowerShell

Profesional

AI-3004: Membangun Solusi Azure AI Vision dengan Layanan Azure AI

Profesional